Tips Merawat Girboks Mobil Agar Selalu Nyaman

Tips Merawat Girboks Mobil Agar Selalu Nyaman – Bagi pengguna mobil matic, salah satu piranti penting bagi mobil namun tidak terlalu banyak diperhatikan adalah gearbox atau girboks. Jika hal ini terjadi, lama kelamaan untuk mobil matic yang usianya sudah diatas 9 atau 10 tahun bisa jadi girboks akan bermasalah.

Karena itu perawatannya harus diperhatikan agar girboks tidak marah dan kenyamanan Anda berkendara akan selalu bisa dipertanggungjawabkan. Berikut kami berikan informasi selengkapnya untuk Anda tentang beberapa tips merawat girboks mobil agar selalu nyaman yang penting Anda perhatikan. Cek informasinya di bawah ini!

Tips Merawat Girboks Mobil Agar Selalu Nyaman

Pastikan oli transmisi berkualitas baik

Untuk semakin mempercepat dan menghaluskan pengoperasian pada sistem transmisi matic mobil Anda, baiknya Anda memilih tipe oli fully syntetis dengan didukung viscositas mencapai 75 – 90 W. Ciri – ciri dari pelumas yang seperti ini terbilang encer dan tahan panas.

Penyusupan oli pada masing – masing sisi transmisi juga akan jauh lebih cepat dan dapat memberikan sisi proteksi pada transmisi Anda menjadi lebih cepat. Proteksi pada transmisi Anda juga akan semakin maksimal.

Jika perawatan transmisi mobil matic kurang, maka akan menjadi penyebab terjadinya kebocoran sehingga akan menjadikan oli transmisi semakin cepat kering. Penyebab terjadinya kebocoran sendiri biasanya berasal dari baut tempat pembuangan oli yang akan mengalami kerusakan.

Setel kopling dengan sesuai

Agar dapat semakin memperhalus dan semakin mempercepat perubahan gigi pada mobil transmisi matic Anda, baiknya Anda lakukan penyetelan lebih dulu pada kopling. Hal ini karena jarak pedal kopling yang terlalu tinggi dapat semakin merenggangkan jarak pada kopling dan transmisi matic di mobil.

Baca juga: Tips merawat aki mobil

Hal ini tentu dapat menjadi penyebab juga pada perpindahan gigi sehingga menjadi kasar dan berat ketika dilakukan. Hindari juga Anda meletakkan kaki di kopling ketika sedang tidak digunakan. Hal ini penting agar kopling tidak cepat aus.

Jadi ketika gigi sudah masuk dan kemudian kendaraan melaju, Anda harus biasakan agar kaki tidak menyentuh pedal kopling. Tentunya cara yang semacam ini sangat efektif dalam mengurangi cepat ausnya kopling mobil yang Anda punya.

Ganti oli transmisi mobil Anda secara berkala

Dalam memperpanjang umur pemakaian transmisi mobil, baiknya perawatan oli berkala secara rutin dilakukan. Hal ini tentu akan dapat memberikan efek dan pengaruh yang besar pada kinerja mesin karena keberadaan oli sangat menunjang sebagai bahan pelumas pada mesin mobil Anda.

Pastikan bahwa dalam mengganti oli Anda ikuti standar prosedur yang sudah ditentukan. Waktu penggantian oli secara umum dilakukan setelah kendaraan menempuh jarak 3000 km sampai dengan 5000 km.

Dengan melakukannya secara rutin tentu akan mengurangi terjadinya friksi di sekitar transmisi mobil Anda. Kemudian pengoperasian gigi juga akan terasa halus dan jauh lebih mudah untuk dipindahkan. Faktor dalam pemilihan oli yang disesuaikan bersama standar kebutuhan mesin juga sangat penting dalam menunjang tingkat keawetan mesin mobil Anda.

Manfaatkan suku cadang yang berkualitas tinggi

Ada pepatah yang mengatakan bahwa ada harga ada kualitas. Penggunaan suku cadang asli tentunya dapat mengurangi tingkat terjadinya kerusakan jauh lebih cepat. Hal ini karena dengan produk asli itu artinya kualitas akan jauh lebih terjamin.

Produk suku cadang asli lebih berkualitas juga karena memang sudah melewati berbagai tahapan percobaan dan uji kelayakan dalam penggunaannya. Jadi jangan Anda tergiur dengan harga murah, namun pastikan suku cadang Anda berkualitas. Karena kalau murah namun tidak berkualitas, akhirnya Anda juga yang susah.

Hindari melakukan tancap gas secara tiba – tiba

Ketika Anda akan mulai menjalankan mobil, baiknya Anda pastikan untuk secara tidak langsung menginjak pedal gas dalam – dalam. Hal ini karena menginjak pedal gas dalam – dalam dapat mengganggu kualitas katup solenoid.

Perlu Anda perhatikan juga bahwa sistem pada perangkat transmisi pada mobil akan butuh beberapa detik untuk menghasilkan sebuah tekanan dari oli ke converter torsi. Ketika proses tersebut belum selesai dan sudah menerima suatu tekanan yang lebih besar, bisa dipastikan bahwa katup solenoid mobil Anda akan mengalami kerusakan.

Itulah beberapa tips merawat girboks mobil agar selalu nyaman ketika Anda bawa berkendara dan semoga informasi diatas menjadi informasi yang menginspirasi Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *