Tips Merawat Aki Mobil Agar Tetap Prima

Bagaimana sih tips merawat aki mobil agar tetap primai Aki merupakan komponen kelistrikan yang sangat penting bagi sebuah mobil. Tanpa adanya komponen kelistrikan ini tentu mobil tidak akan bisa menyala dan berjalan sebagaimana mestinya. Namun, komponen kelistrikan ini juga rentan mengalami masalah.

Utamanya ketika mobil jarang digunakan sementara akinya selalu terpasang on didalam mobil. Bisa jadi komponen kelistrikan yang semacam ini cenderung lebih mudah bermasalah dibandingkan pada mobil yang memang sehari – hari digunakan.

Karena itu, ada baiknya Anda cari tahu bagaimana cara merawat aki mobil yang tepat. Dengan perawatan yang tepat tentu aki mobil Anda tidak akan mudah soak dan selalu prima. Berikut tips merawat aki mobil agar tetap prima yang Anda harus tahu!

Tips Merawat Aki Mobil Agar Tetap Prima

Memanaskan mobil saja tidak cukup

Tips merawat aki mobil agar tetap prima yang pertama tentu tidak cukup hanya dengan memanaskan mobil saja. Sangat direkomendasikan untuk Anda membawa mobil berjalan – jalan sebentar. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa aki sudah sempurna bekerja.

Memanaskan mobil hanya dalam kondisi diam nyatanya tidak cukup maksimal dalam mendorong terjadinya pengisian arus listrik ke bagian aki. Karenanya, mobil perlu diajak jalan – jalan sebentar agar tekanan RPM mencapai nilai diatas 2000 RPM yang nantinya menjadikan suplay arus listrik ke aki menjadi semakin maksimal.

Baca juga: Toyota Camry 2019

Memang jika Anda enggan jalan – jalan, ada alternatif lain yang bisa dilakukan dalam memanaskan mesin mobil dalam kondisi diam. Alternatif tersebut yaitu dengan menekan pedal gas supaya nilai RPM bisa naik. Akan tetapi cara ini beresiko tinggi karena dapat menimbulkan terjadinya polusi gas beracun yang dapat berbahaya bagi orang sekitar.

Lepaskan terminal negatif aki

Jika memang sekiranya mobil Anda tidak akan digunakan dalam jangka waktu yang lama, terminal negatif pada aki baiknya Anda lepaskan. Kemudian Anda bisa membungkusnya dengan menggunakan kain. Cara ini tentu menjadi suatu cara yang tepat agar tidak ada arus listrik yang bocor. Kemudian terminal negatif tidak akan bersinggungan dengan body mobil.

Lakukan pemeriksaan pada terminal aki

Ketika kemudian Anda melakukan pemeriksaan secara rutin pada aki, baiknya Anda perhatikan kondisi terminal pada aki positif dan negatif. Pada bagian tersebut, biasanya akan terjadi korosi. Jika memang Anda sudah mulai menemukan adanya korosi, segera bersihkan.

Caranya dengan Anda siram menggunakan air panas. Pastikan juga bahwa siraman air panas tidak sampai menyinggung komponen yang lainnya. Sementara jika kemudian terminal aki kotor seperti muncul kerak dengan warna hijau, baiknya segera Anda bersihkan dengan amplas atau sikat kawat.

Terminal aki yang kotor tersebut nantinya akan menjadi penyebab pasokan aliran listrik menjadi mengalami hambatan.

Perhatikan indicator pada aki

Pemeriksaan atas indicator aki ada baiknya menjadi salah satu pemeriksaan yang dilakukan secara rutin. Baiknya Anda periksa indicator aki dan segera lakukan pengisian agar isi air aki tidak sampai menyinggung batas di bawah normal.

Ada baiknya pengisian ini dilakukan di pagi hari sebelum mesin mobil Anda nyalakan. Pastikan juga bahwa air aki berada di batas antara low level dengan upper level. Jangan sampai aki terlampau sedikit. Kondisi tersebut dapat menjadi penyebab sel – sel aki rusak dan mengalami lengkungan.

Perhatikan penggunaan perangkat listrik

Dalam penggunaan perangkat listrik, masing – masing pengemudi harus bisa menggunakan perangkat listrik secara cermat. Baiknya Anda matikan perangkat listrik dalam mobil seperti AC, audio dan lampu sebelum mesin mobil Anda matikan.

Lepas dan pasang aki secara tepat

Jika Anda akan melepas atau memasang aki, ada baiknya lakukan prosedurnya secara tepat. Ketika memasang aki, pasang lebih dulu kutub positif baru kemudian pasang di kutub negatif.

Sementara ketika melepas aki, lepas dulu pengait di kutub negatif, baru lepas di kutub positif. Hal ini penting demi menghindari terjadinya korsleting yang memicu kebakaran.

Itulah berbagai tips merawat aki mobil agar tetap prima yang penting Anda perhatikan, jangan sampai aki Anda tekor karena Anda kurang cermat dalam perawatannya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *