Tata Cara Sholat Taubat dan Keutamaannya

Pada artikel kali ini saya akan membagikan informasi seputar tata cara sholat taubat. Artikel ini sangat penting, agar seorang muslim dan muslimah melakukannya dalam rangka bertaubat kepada Allah Azza Wajalla dari berbagai dosa dan kesalahan yang dikerjakannya.

Terlepas dari pembahasan tata cara sholat taubat, pada asalnya wajib bagi setiap hamba-hamba Allah untuk bertaubat dan meminta ampun kepada Allah atas dosa-dosa dan kesalahan yang diperbuatnya. Sebagaimana firman Allah Azza Wajalla :

“Dan bertaubatlah kalian semua kepada Allah wahai orang-orang yang beriman, agar kalian beruntung.” (Surah An-Nuur : 31).

Asy-Syaikh Abdurrahman As-Sa’dy Rahimahullah berkata dalam tafsirnya tentang ayat ini “Maka tidak ada jalan menuju kepada keberuntungan kecuali dengan taubat, yaitu kembali kepada Allah (meninggalkan) dari perkara-perkara yang dibenci Allah secara zhohir dan batin menuju kepada perkara-perkara yang dicintai-Nya secara zhohir dan batin. Ini menunjukkan bahwa setiap mukmin membutuhkan taubat karena Allah berbicara (dalam ayat ini) kepada semua orang-orang yang beriman.” (Tafsir As-Sa’dy hal.217, cetakan Al-Maktabah At-Tauqifiyyah).

Dalil-Dalil Disyariatkannya Sholat Taubat

Sebelum saya menjelaskan secara rinci tata cara sholat taubat, tentu kita perlu mengetahui dalil-dalil yang menunjukkan kalau sholat taubat memang disyariatkan dalam islam. Hal ini agar amalan yang kita lakukan tidak saja ikhlas, tetapi juga berdasarkan tuntunan.

Perlu diketahui bahwa para ulama berijma’ (bersepakat) akan disyariatkannya sholat taubat, berdasarkan hadits Abu Bakar As-Shiddiq Radhiallahu Anhu, dimana beliau berkata, saya telah mendengarkan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda :

“Tidaklah seorang hamba melakukan dosa lalu dia berthoharah (berwudhu), kemudian dia melaksanakan sholat dua rakaat, lalu beristghfar (meminta ampun) kepada Allah, melainkan Allah akan mengampuninya. Kemudian Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam membaca ayat ‘Dan orang-orang yang jika mereka melakukan perbuatan yang keji atau menzholimi diri-diri mereka, segera mengingat Allah dan meminta ampun akan dosa-dosa mereka, dan tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Allah, dan mereka tidak terus menerus dalam dosa yang mereka kerjakan dalam keadaan mereka mengetahui (bahwa itu adalah dosa)’ (Surah Ali Imran : 135).” (Diriwayatkan oleh Abu Daud dan dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani Rahimahullah).

Baca juga: Tata Cara Sholat Hajat

Detail Tata Cara Sholat Taubat

Adapun tata cara sholat taubat adalah dilaksanakan dalam dua rakaat seperti sholat-sholat sunnah pada umumnya. Adapun detailnya adalah sebagai berikut :

  1. Berniat di dalam hati akan melakukan sholat taubat
  2. Bertakbiratul ihrom
  3. Membaca doa istiftah
  4. Membaca surah Al-Fatihah
  5. Membaca surah-surah pendek sesuai keinginan
  6. Bertakbir untuk rukuk sambil mengangkat kedua tangan sejajar telinga
  7. Rukuk dan membaca doa rukuk “Subhaana Robbiyal ‘Azhiim” 3x
  8. I’tidal (bangkit dari rukuk) sambil mengucapkan “Sami’allaahu liman hamida” lalu membaca doa “Robbana wa lakal hamdu” setelah tegak lurus berdiri
  9. Bertakbir untuk turun sujud
  10. Sujud dan membaca doa sujud “Subhaana Robbiyal A’laa” 3x
  11. Duduk diantara dua sujud lalu membaca doa “Rabbighfirlii war hamnii wajburnii war fa’nii wahdinii wa’aafinii warzuqni”
  12. Sujud lagi untuk kedua kali sambil membaca doa sujud
  13. Bangkit dari sujud menuju rakaat kedua
  14. Melakukan tata cara sholat pada rakaat kedua sama seperti yang dilakukan pada rakaat pertama, kecuali di akhir nanti duduk tasyahhud akhir dan membaca doa tasyahhud akhir
  15. Salam

Baca juga: Tata Cara Sholat Tahajud

Setelah itu banyak-banyak beristghfar (meminta ampun) kepada Allah atas segala dosa dan maksiat yang dilakukan.

Demikianlah artikel seputar tata cara sholat taubat dan dalil-dalil akan disyariatkannya sholat taubat ini. Semoga informasi pada artikel ini bisa memberikan tambahan ilmu yang bermanfaat bagi kaum muslimin dan menjadi pahala bagi penulis di sisi Allah kelak. Amin.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *