Segudang Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan

Benarkah manfaat susu kambing untuk kesehatan jauh lebih baik dibandingkan susu sapi?? Apakah juga benar bahwa kandungan nutrisi dalam susu kambing sangat baik untuk meningkatkan kecantikan, khususnya dalam perawatan kulit??

Popularitas susu kambing kini semakin naik seiring dengan begitu besarnya manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan tubuh. Hal ini tak lepas dari kandungan nutrisi dalam susu kambing yang boleh dibilang cukup lengkap, bahkan lebih baik dibandingkan susu sapi.

Untuk memudahkan dalam mengkonsumsi susu kambing, saat ini sudah banyak beredar susu kambing dalam berbagai kemasan.

susu kambing etawa

Selain dalam bentuk cair, juga sudah ada susu kambing yang dijual dalam bentuk bubuk hingga yang full cream. Selain diminum dalam bentuk segar, susu kambing juga banyak digunakan untuk toping kue maupun campuran dalam resep masakan.

10 Khasiat Susu Kambing yang Jarang Diketahui

Khasiat susu kambing untuk kesehatan dan kecantikan ternyata sangat banyak. Hal ini tak terlepas dari komposisi nutrisi dan kandungan gizi susu kambing yang kabarnya jauhh lebih baik dibadingkan susu sapi ataupun susu kedelai. Bahkan kualitas susu kambing bisa disandingkan dengan air susu ibu, bahkan bisa dijadikan alternative pengganti ASI jika ada ibu yang tak bisa memberikan ASInya untuk bayi yang baru dilahirkannya.

Berikut ini manfaat dan khasiat susu kambing untuk kesehatan maupun kecantikan tubuh yang sebaiknya anda tahu.

1. Pembentukan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium dan fosfor yang sangat tinggi dalam susu kambing sangat berguna dalam pembentukan tulang dan gigi. Karena itu susu ini sangat baik dikonsumsi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

2. Mengatasi Masalah Osteoporosis

Kandungan kalsium yang tinggi dalam susu kambing juga bermanfaat untuk membaantu mengatasi maupun mencegah osteoporosis dan pengapuran tulang yang kerap dialami lansia. Bahkan senyawa asam amino triptofan dalam susu ini berkhasiat dalam memadatkan tulang maupun mempercepat proses pertumbuhan.

3. Membersihkan Usus Besar

Kandungan oligosaccharides dalam susu kambing juga sangat baik sebagai probiotik bagi tubuh. Senyawa alami yang mengandung gula sederhana ini juga terdapat dalam ASI yang berguna dalam membersihkan usus besar dan mencegah penyakit dari sisa makanan.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Susu kambing mengandung proporsi laktosa yang lebih mudah diserap dan dicerna. Sejumlah senyama kimia dalam susu ini juga berguna untuk melancarkan sistem pencernaan dan juga mampu secara efektif mengatasi rasa lapar.

5. Tidak Menimbulkan Alergi

Berbeda dengan susu sapi, susu kambing tidak mengandung protein kompleks maupun senyawa kasein alpha 1. Hal ini menyebabkan susu kambing tidak menimbulkan alergi ataupun membuat perut terasa mules.

6. Mencegah Penyakit Saraf

Susu kambing juga mengandung zinc dan magnesium yang merupakan antioksidan yang efektif dalam mencegah terjadinya penyakit saraf.

7. Mengobati Anemia dan Defisiensi Zat Besi

Gangguan anemia dan defisiensi zat besi ternyata mampu diatasi dengan minum susu kambing secara rutin. Susu ini juga bermanfaat dalam merangsang pembaharuan hemoglobin dan meningkatkan zat besi dalam tubuh.

8. Menurunkan dan Menstabilkan Kadar Kolesterol

Kandungan asam lemak essensial seperti linoleat dan arakidonat dalam susu kambing bermanfaat dalam menjaga kadar trigliserida tetap normal maupun menurunkan kadar kolsterol tinggi. Karena itulah mengkonsumsi susu kambing secara rutin juga berkhasiat untuk mencegah penyakit jantung.

9. Mengobati Penyakit Asma dan Gangguan Pernafasan

Buat anda yang menderita penyakit pernafasan, seperti bronchitis, infeksi paru-paru, TBC (tuberculosis), ataupun asma disarankan untuk minum susu kambing secara rutin. Hal ini karena kandungan flourin dan betasein dalam susu kambing sangat efektif dalam mengobati gangguan pernapasan tersebut.

10. Meningkatkan ASI dan Baik Untuk Ibu Hamil

Susu kambing ternyata juga sangat baik untuk ibu hamil karena dapat memberikan asupan gizi tambahan untuk tumbuh kembang janin yang lebih sehat. Susu ini juga mampu meningkatkan stamina ibu hamil. Bahkan setelah melahirkan, ibu juga disarankan minum susu kambing dua kali sehari karena bisa meningkatkan jumlah produksi maupun kualitas ASI.

Itulah berbagai khasiat dan manfaat susu kambing untuk kesehatan yang semoga dapat memberikan referensi bagi anda dalam menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *