Penting! 5 Benda Ini Harus Ada Dalam Mobil Sebelum Berkendara

Tahukah anda apa saja benda yang harus ada dalam mobil sebelum berkendarai Agar perjalanan yang dilakukan bisa semakin menyenangkan dan tak ada hambatan apapun, tentu saja semua aspek yang perlu disiapkan benar – benar harus disiapkan sepenuhnya sebelum berkendara. Jangan sampai ketika berkendara, malah ada sesuatu termasuk benda penting yang tertinggal.

Anda harus tahu bahwa yang namanya kejadian tak terduga itu bisa ada dan menghampiri kita kapan saja. Karena itu ada baiknya sebagai motif spekulatif dalam berkendara, Anda harus memperhatikan semua kelengkapannya. Utamanya ketika Anda akan berkendara dengan mobil.

Bawa semua benda penting bahkan yang sederhana sekalipun dalam perjalanan Anda membawa mobil. Berikut apa saja benda yang harus ada dalam mobil sebelum berkendara dan harus Anda bawa. Wajib cek sebelum berangkat ya!

Benda yang Harus Ada Dalam Mobil Sebelum Berkendara

Ban cadangan

Ban cadangan menjadi salah satu benda yang harus ada dalam mobil sebelum berkendara. Namun benda ini tak hanya menjadi sekedar cadangan saja, melainkan kondisinya juga harus dalam keadaan baik. Misalkan seperti tekanan ban yang sudah diisi secukupnya.

Dengan kondisi tekanan ban yang sudah terisi secukupnya tentu ban akan siap Anda gunakan kapan saja dan dimana saja ketika kebocoran terjadi. Anda harus tahu bahwa sekarang ini kebanyakan mobil baru mengusung ban tubeless yang masih bisa berjalan walau tertusuk paku. Akan tetapi tetap ban cadangan harus ada.

Peralatan sederhana dalam menghadapi ban yang mengalami kebocoran

Semua peralatan sederhana yang memang dibutuhkan wajib ada dalam mobil ketika Anda sedang bepergian. Alat – alat sederhana menghadapi ban bocor salah satu yang harus ada. Biasanya alat sederhana tersebut berisi kompresor udara dengan selang.

Baca juga: Tips merawat girboks mobil

Tentu saja dengan memiliki alat ini menjadikan pemilik mobil tak perlu mendongkrak mobil ketika harus mengeluarkan dan mengganti ban. Karena itu alat yang sederhana ini sangat bermanfaat.

Siapkan dongkrak

Akan tetapi jika alat tersebut tidak Anda miliki maka dongkrak harus ada. Dongkrak sendiri sekarang ini modelnya berbagai bentuk. Mulai dari yang bentuknya standar sampai dengan yang hidraulik juga sudah tersedia. Dongkrak juga bisa disimpan didalam mobil dan bisa dimanfaatkan ketika terjadi suatu kejadian darurat.

Bawa segitiga pengaman

Ketika mobil Anda berhenti di bahu jalan untuk membetulkan mobil, tentu memberikan peringatan kepada pengendara lain sangat penting. Hal ini dilakukan supaya pengendara lain yang juga menggunakan jalan tidak kaget dan justru menabrak mobil Anda ketika hal yang tidak diinginkan terjadi.

Salah satu alat yang bisa digunakan mengingatkan pengendara mobil lain ketika hal yang tidak diinginkan terjadi adalah segitiga pengaman. Segitiga pengaman ini bisa diletakkan beberapa meter sebelum kita berhenti sebagai tanda.

Kotak P3K

Kotak P3K merupakan suatu alat dasar yang harus ada di mobil sepanjang waktu. Ketika ada operasi zebra, kotak ini juga akan ditanyakan pihak polisi. Kotak P3K akan berfungsi mengobati ketika kecelakaan kecil terjadi.

Beberapa peralatan yang harus ada didalam kotak P3K diantaranya seperti alcohol, penyemprot nyamuk, salep mengatasi luka bakar, plester, obat antiseptic, sarung tangan, masker, gunting dan juga hand sanitizer.

Selain 5 benda diatas yang harus Anda bawa sebagai benda yang harus ada dalam mobil sebelum berkendara, ada juga benda penunjang lain yang juga harus Anda bawa. Beberapa benda penunjang tersebut diantaranya :

Alat pemadam api ringan

Alat pemadam api ringan merupakan salah satu peralatan penting didalam mobil. Jadi ketika terjadi kebakaran ringan alat ini bisa membantu. Tabrakan kencang yang menimbulkan kebakaran hebat bisa diminimalisir dengan alat pemadam api ringan ini.

Jaket berpendar

Kerusakan mobil bisa terjadi kapan saja baik di siang hari atau di malam hari. Sementara visibilitas masing – masing orang juga berbeda. Karena itu jaket berpendar atau jaket yang mengeluarkan cahaya ketika terkena lampu akan sangat bermanfaat dalam membenarkan mobil agar si pengendara tidak tertabrak.

Headset dan charger

Memiliki headset merupakan salah satu aspek penting ketika sedang berkendara mobil. Hal ini sangat penting agar pengendara bisa tetap fokus dalam menyetir dan memandang ke depan. Kabel charger juga dirasa penting karena ketika kita kehabisan baterai ponsel dan powerbank, maka ponsel Anda bisa dicolok ke lubang lighternya.

Itulah 5 benda yang harus ada dalam mobil sebelum berkendara beserta beberapa benda penunjang lainnya, jangan sampai ada yang ketinggalan ya!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *