Komposisi Nutrisi dan Kandungan Gizi Susu Kambing

Komposisi nutrisi dan kandungan gizi dalam susu kambing ternyata sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Nutrisi susu kambing bahkan sebanding dengan air susu ibu (ASI) yang dinilai banyak ahli kesehatan sebagai minuman terbaik. Karena itulah ada sejumlah tenaga medis yang menawarkan susu kambing sebagai pengganti ASI jika ibu yang habis melahirkan tidak mampu mengeluarkan ASI-nya.

Meskipun popularitasnya semakin meningkat, namun konsumsi susu kambing belumlah sebanyak susu sapi. Padahal saat ini susu kambingg sudah banyak dijual dalam berbagai bentuk kemasan yang praktis, khususnya dalam bentuk bubuk atau full cream. Salah satunya adalah susu kambing Sky Goat Milk di website ini.

susu kambing

Untuk menambah nikmat saat diminum, susu kambing juga bisa dicampur atau ditambahkan dengan madu, jahe, kurma, ataupun coklat. Selain menambah nikmat, penambahann bahan lain berguna untuk meningkatkan khasiat susu kambing buat kesehatan maupun kecantikan tubuh.

Perbandingan Nutrisi Susu Kambing dengan ASI dan Susu Sapi

Susu merupakan minuman yang sangat kaya dengan kandungan kalsiumnya. Namun nutrisi ini dalam susu kambing ternyata jauh lebih tinggi dibandingkan susu sapi maupun ASI. Begitu pun dengan beberapa kandungan gizi lainnya, susu kambing ternyata jauh lebih baik.

Di bawah ini akan diulas perbandingan kandungan nutrisi antara sejumlah susu, baik susu kambing, susu sapi, maupun air susu ibu (ASI) yang sebaiknya anda tahu. Data ini diambilkan dari hasil penelitian vateriner Bogor.

Komposisi Nutrisi Beberapa Jenis Susu

KANDUNGAN NUTRISISUSU SAPISUSU KAMBINGASI
Protein3,3 gram3,6 gram1,1 gram
Lemak3,3 gram4,2 gram4,4 gram
Karbohidrat4,7 gram4,5 gram6,9 gram
Kalori61 cal69 cal70 cal
Fosfor93 gram111 gram14 gram
Kalsium19 gram134 gram32 gram
Magnesium13 gram14 gram3 gram
Besi0,05 gram0,05 gram0,03 gram
Natrium49 gram50 gram17 gram
Kalium152 gram204 gram51 gram
Vitamin A126 IU185 IU241 IU
Thiamin0,04 mg0,05 mg0,014 mg
Riboflavin (Vit B2)0,16 mg0,14 mg0,04 mg
Niacin0,08 mg0,28 mg0,18 mg
Vitamin B60,04 mg0,05 mg0,01 mg

Selain nutrisi yang sudah disebutkan di atas, susu kambing juga memiliki masih banyak kandungan nutrisi lainnya yang sangat penting untuk kesehatann tubuh. Kandungan nutrisi itu antara lain mineral alkaline, Zincun (Zn), cynokobalamin, A2-betakasein + Asam Amino Essensial, dan lainnya.

Kandungan asam lemak esensial dalam susu kambing mencapai 35 %. Jumlah ini jauh lebih tinggi dibandingkan susu sapi yang hanya 17 %. Bahkan dalam susu kambing juga ditemukan adanya asam lemak antimikroba yang sangat penting untuk kesehatan.

Yang menarik, susu kambing juga mampu menenangkan saluran pencernaan dan juga mampu mengatasi rasa lapar, termasuk untuk anak-anak. Apalagi susu kambing tidak memiliki protein kompleks yang berguna dalam menekan alergi.

Dengan melihat kandungan nutrisinya yang sangat tinggi, susu kambing bisa menjadi alternatif minuman yang sangat menyehatkan selain susu sapi ataupun susu kedelai. Dengan mengetahui komposisi nutrisi dan kandungan gizi dalam susu kambing yang sangat tinggi, maka sudah saatnya minuman ini diberikan secara rutin setiap hari untuk menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *