5 Tips Mencegah Rambut Rontok yang Simpel dan Efektif

Tips Mencegah Rambut Rontok – Rambut rontok sudah pasti menjadi hal menakutkan yang di hindari para wanita. Rambut rontok bukan hanya akan mengurangi kesempurnaan kecantikan Anda namun juga akan menimbulkan masalah yang lebih serius jika tidak segera di atasi dengan tepat. Jika Anda masih sering menganggap bahwa permasalahan rambut rontok harus di atasi dengan cara menggunakan obat-obatan yang mahal atau mengunjungi therapist rambut spesialis, sepertinya Anda salah besar.

Mengatasi rambut rontok tidak selamanya harus dengan biaya yang mahal. Anda bisa melakukan perawatan rambut Anda yang mengalami kerontokan ini di rumah Anda masing-masing, selama Anda melakukannya dengan sungguh-sungguh maka hasilnya pun akan sangat memuaskan. Berikut ini akan kami berikan 5 tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah rambut rontok secara alami yang terbukti ampuh dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Cara ini terbukti sangat aman tanpa menimbulkan efek samping apapun karena menggunakan cara-cara yang alami.

Berikut ini adalah 5 tips mencegah rambut rontok yang bisa Anda lakukan:

Hindari Pemakaian Shampoo dengan pH Tinggi

Shampo yang memiliki pH tinggi di tandai dengan busa yang di hasilkannya akan lebih banyak di bandingkan dengan shampoo biasa. Jika hingga saat ini Anda masih menggunakan shampoo yang menghasilkan busa sangat banyak, mungkin Anda perlu memperhatikan kembali berapa kandungan pH yang terdapat di dalamnya.

Baca juga: Cara menghilangkan bekas luka

Shampoo yang memiliki pH antara 7-8 atau bahkan di atasnya sangat tidak baik untuk kesehatan kulit kepala Anda. Hal ini di sebabkan karena derajat keasaman kulit kepala yang hanya berada pada kisaran pH 5,5-6. Maka Anda di anjurkan untuk melihat kembali bagaimana derajat keasaman shampoo yang saat ini Anda gunakan. Jika terlalu tinggi maka gantilah dengan menggunakan shampoo herbal yang cenderung memiliki pH yang normal.

Gunakan Conditioner Herbal

Conditioner sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban rambut. Rambut pada manusia cenderung memiliki sifat alkalis yang pada beberapa kondisi dapat menyebabkan terbukanya kutikula pada jaringan kulit kepala. Dengan menggunakan conditioner berbahan alami hal ini akan bisa di atasi. Selain itu conditioner juga berfungsi untuk memberikan kelembaban secara merata keseluruh bagian rambut yang tidak dapat di lakukan oleh minyak alami yang di produksi rambut.

Melakukan Terapi Pijat Kulit Kepala

Salah satu penyebab terjadinya rambut rontok adalah karena asupan nutrisi yang tidak merata ke seluruh bagian rambut akibat peredaran darah yang tidak lancar. Dengan melakukan pemijitan lembut pada kulit kepala, Anda dapat membantu peredaran darah menjadi lebih lancar. Lakukannlah hal ini setiap kali Anda akan melakukan keramas. Jika Anda adalah seorang muslim, maka sangat di anjurkan untk memijit-mijit kepala dengan lembut pada saat sedang berwudhu. Cobalah untuk melakukan terapi ini dengan rutin dan rasakan sendiri manfaatnya.

Hindari Konsumsi Kopi dan Minuman Bersoda

Kopi dan minuman bersoda adalah dua jenis minuman yang tidak baik untuk kesehatan rambut. Mengonsumsi kedua minuman ini secara berlebihan merupakan pemicu terjadinya kerontokan rambut. Hal in terjadi karena kafein yang terkandung di dalam kopi dan minuman bersoda daapt merusak cadangan vitamin B5 dan B6 yang ada di dalam tubuh. Yang mana kedua vitamin ini memiliki peranan yang sangat penting sebagai nutrisi rambut.

Hindari Penggunaan Zat Kimia pada Rambut

Terlalu sering mengganti warna rambut, rebonding, atau catok dengan menggunakan bahan-bahan yang mengandung senyawa kimia juga tidak baik bagi kesehatan rambut Anda. Hal ini adalah pemicu terjadinya kerapuhan pada rambut. Perlu Anda ketahui bahwa bahan-bahan yang sering di gunakan untuk melakukan hal ini banyak mengandung zat yang justru dapat merusak jaringan rambut.

Itulah 5 tips mencegah rambut rontok secara alami yang terbukti 100% ampuh yang semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *