3 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami yang Efektif

Bagaimana sih cara menghilangkan komedo secara alami yang efektif? Bahan alami apa yang tepat untuk mengatasi masalah komedo? Selain jerawat, masalah yang juga seringkali menimpa wajah adalah komedo. Terutama bagi kulit wajah berminyak, komedo seakan-akan teman akrab di wajah yang tidak mau pergi. Ini tentu menjadi masalah tersediri yang butuh untuk diatasi.

3 Bahan Alami untuk Menghilangkan Komedo

Meskipun saat ini sudah semakin banyak produk yang dibuat secara khusus untuk memberantas komedo, namun masih ada cara-cara alami menghilangkan komedo yang sangat manjur. Apa sajakah cara-acara alami tersebut? Simak detailnya di bawah ini :

Menggunakan Jeruk Nipis

Jeruk nipis kaya akan vitamin C. Hal ini berdasarkan bukti dan uji klinis yang menunjukkan kalau komedo dari dalam sekaligus dari luar kulit bisa dihilangkan dengan jeruk nipis. Tidak heran jika saat ini kosmetik yang berbahan baku jeruk nipis sudah semakin banyak.

Adapun langkah yang perlu dilakukan sebagai cara menghilangkan komedo menggunakan jeruk adalah sebagai berikut :

  • Potong dua jeruk nipis terlebih dahulu, lalu peras airnya. Nah, nanti perasan air jeruk tersebut digunakan sebagai masker wajah yang dioleskan pada kulit wajah khususnya pada daerah yang berkomedo
  • Saat menerapkan atau mengoleskan perasan air jeruk nipis tadi ke kulit wajah kamu, pastikan kamu melakukan pijatan lembut pada daerah yang berkomedo
  • Diamkan terlebih dahulu sekitar 15-20 menit, baru bilas dengan air hangat.

Menggunakan Masker Buah Tomat

Cara menghilangkan komedo yang juga bisa dicoba adalah dengan menggunakan tomat. Selain mengandung vitamin C, tomat juga kaya akan vitamin E yang mampu mengangkat kulit mati dan menutup pori-pori kulit, sehingga produksi minyak bisa ditekan dan pertumbuhan komedo dapat dicegah.

Adapun tahapan yang perlu dilakukan untuk menghilangkan komedo dengan menggunakan tomat adalah sebagai berikut :

  • Campurkan masker buah tomat tersebut dengan minyak zaitun
  • Oleskan masker tomat tersebut pada wajah terutama daerah yang berkomedo
  • Setelah masker tersebut mengering, barulah bilas wajah dengan air bersih

Menggunakan Gel Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya tidak hanya untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rambut kepala. Ternyata, lidah buaya juga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo yang membandel di kulit wajah kamu. Mengapa lidah buaya bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan komedo secara alami? Jawabannya karena kandungan mineral yang terdapat pada lidah buaya sangat efektif mengangkat dan menghilangkan komedo pada kulit wajah.

Adapun detail cara menghilangkan komedo menggunakan lidah buaya adalah sebagai berikut :

  • Oleskan bagian dalam daun lidah buaya ke wajah kamu. Pastikan gel dari daging daun lidah buaya tersebut teroleskan di wajah
  • Sambil mengoleskan gel lidah buaya di wajah, jangan lupa melakukan pijatan-pijatan lembut terutama di daerah wajah yang banyak ditumbuhi komedo. Hal ini penting dilakukan agar komedo mudah terangkat saat nanti dilakukan pembilasan pada wajah
  • Diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 25-30 menit, barulah dibilas dengan menggunakan air hangat.

Selain ketiga cara di atas, sebenarnya masih ada cara-cara alami lainnya yang tidak sempat saya sebutkan para artikel kali ini. Demikianlah informasi seputar cara menghilangkan komedo secara alami pada artikel kali ini dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *