1001 Manfaat Wedang Uwuh untuk Menjaga Kesehatan

Tak seperti namanya, manfaat wedang uwuh ternyata sangat besar untuk menjaga kesehatan. Minuman tradisional khas Jogja ini memang memiliki nama yang bisa dikatakan kurang keren. Wedang uwuh berasal dari kata wedang yang berarti minuman dan uwuh yang bermakna sampah. Istilah ini mungkin diambil saat melihat ramuannya yang terdiri dari banyak bahan herbal dalam bentuk aslinya sehingga terlihat seperti kumpulan sampah.

Wedang uwuh paling enak disajikan dan diseduh dengan air panas dan diminum selagi hangat. Rasanya minuman ini cukup unik karena merupakan perpaduan dari manis dan pedas dengan aroma herbal yang sangat khas. Rasa pedas berasal dari jahe, sedangkan warnanya yang merah kental berasal dari bahan secang.

Seiring perkembangan teknologi kemasan yang makin modern, saat ini wedang uwuh sudah dijual dalam bentuk yang praktis dan siap seduh. Ada yang berbentuk instan dan ada juga bentuk celup. Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Beragam Khasiat Wedang Uwuh untuk Kesehatan

Wedang uwuh merupakan minuman tradisonal yang dibuat dari berbagai jenis herbal. Bahan itu meliputi jahe, kayu manis, kayu secang, cengkeh, buah dan dan daun pala, akar sereh, kapulaga, dan gula batu.

manfaat wedang uwuh

Berikut ini beragam manfaat dan khasiat wedang uwuh untuk kesehatan.

1. Menghangatkan Badan

Kandungan pada jahe dalam wedang uwuh berguna untuk menghangatkan tubuh. Karena itu minuman tradisional ini sangat cocok diminum di daerah dingin atau saat cuaca dingin.

2. Menyegarkan Badan

Wedang uwuh juga sangat bermanfaat untuk membuat tubuh lebih segar. Apalagi diminum saat hangat akan membangkitkan dan membuat tubuh lebih bergairah dan lebih bersemangat dalam melakukan pekerjaan yang menuntut konsentrasi.

3. Menghilangkan Capek

Kandungan dalam herbal yang digunakan untuk meracik wedang uwuh juga bermanfaat dalam mengatasi rasa capek dan lelah setelah bekerja seharian. Minum wedang uwuh saat sore setelah pulang kerja akan membuat tubuh hilang capeknya.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan dalam bahan herbal wedang uwuh sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh maupun menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

5. Melancarkan Sirkulasi Darah

Salah satu manfaat wedang uwuh yang sangat terkenal adalah untuk melancarkan aliran sirkulasi darah dalam tubuh. Fungsi ini sangatlah penting sebab aliran darah yang terhambat dapat memicu berbagai penyakit mematikan.

6. Mencegah dan Mengatasi Masuk Angin

Kandungan farmakologis dalam jahe, kayu secang dan bahan lainnya dalam wedang uwuh juga bermanfaat dalam mencegah maupun menyembuhkan masuk angin.

7. Mengatasi Gangguan Perut

Gangguan perut seperti mual atau mules ternyata mudah dihilangkan dengan minum wedang uwuh. Hal ini terutama karena adanya kandungan dalam kayu manis. Bahkan bahan herbal ini juga berguna untuk menangkal radikal bebas maupun untuk menghaluskan kulit.

8. Mengatasi Rasa Nyeri

Kandungan saponin, polifenol, maupun flavonoid dalam pala sangat berguna untuk mengatasi rasa nyeri, memperbaiki sistem pencernaan, melancarkan sirkulasi darah, mengobati penyakit lambung, mengatasi perut mulas, serta melancarkan menstruasi.

9. Menurunkan Kolesterol dan Anti Kanker

Keberadaan herbal jahe dalam wedang uwuh sangat berguna untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Manfaat jahe antara lain kemampuannya yang ampuh dalam mencegah terjadinya pembekuan darah dan mencegah penyerapan kolesterol dalam hati dan darah. Bahkan jahe mampu menurunkan kolesterol, anti kanker, mengatasi peradangan, menyembuhkan batuk darah, dan menyembuhkan sifilis.

Itulah infomasi tentang keunggulan minuman tradisional dan masih banyak lagi manfaat wedang uwuh dalam mengatasi berbagai jenis penyakit maupun untuk menjaga kesehatan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *